.

Terciptanya blog ini hanya ingin memberikan informasi kepada peminatnya

Minggu, 18 Oktober 2015

CARA MEMBUAT KARIKATUR DI PHOTOSHOP CS 3,4,5,6

Assalamualallaikum gan, kali ini ane mau posting tentang CARA MEMBUAT KARIKATUR DI PHOTOSHOP CS 3,4,5,6 
nah sebelum kita lanjut ke postingan, ane mau jelasin dulu apa yg namanya karikatur, 

KARIKATUR 
Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis.
Karikatur sebagaimana yang dikenal sekarang berasal dari Italia abad ke-16. Pada abad ke-18, karikatur telah menjangkau masyarakat luas melalui media cetak dan, terutama di Inggris, telah menjadi sarana kritik sosial dan politis. Pada abad berikutnya, berbagai majalah satire menjadi media utama karikatur; peran yang kemudian dilanjutkan oleh surat kabar harian pada abad ke-20. Selain sebagai bentuk seni dan hiburan, karikatur juga telah digunakan dalam bidang psikologi untuk meneliti bagaimana manusia mengenali wajah.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Karikatur
KARIKATUR BUATAN KOMPUTER
Telah dilakukan berbagai usaha untuk membuat karikatur secara automatis atau semi-automatis menggunakan teknik grafik komputer. Misalnya, Susan E. Brennan menciptakan suatu perangkat lunak untuk membuat karikatur secara interaktif. Dalam sistem yang ia rancang, karikatur dibuat dengan membandingkan dua gambar; gambar wajah orang yang akan dibuat dikarikaturnya dan wajah orang yang dianggap rata-rata. Kemudian, wajah pertama dibuat karikaturnya dengan menambahkan perbedaan antargambar tersebut
Sejumlah sistem pembuat karikatur terkomputerisasi selanjutnya mengembangkan metode yang digunakan Brennan. Selain itu, terdapat pula sejumlah sistem lain yang berusaha mempelajari bagaimana karikaturis membuat karikaturnya dengan menerapkan teknik-teknik kecerdasan buatan atau statistika. Sistem lain bergantung pada masukan dari pengguna mengenai ciri-ciri wajah yang perlu dikarikaturkan sehingga menuntut keterampilan penggunanya.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Karikatur

Nah tampa basa - basi lagi langsung aja simak caranya gan :)


1. Buka file foto yg bakalan kita edit  file-open

ambil foto yang akan di edit sebaiknya jenis foto dengan angel (arah pengambilan foto) dari depan.


2. kemudian lakukan retoucing pada bagian wajah, dengan clone stamp tool kita buat wajah semakin halus 


Aktifkan clone stamp tool atau tekan (S). tekan Alt dan klik pada permukaan wajah yang halus dengan daerah komposisi warna yang agak sama. Lepas Alt dan sapukan pada daerah wajah yang bintik - bintik. lakukan Alt dan klik lagi bila pada daerah dengan komposisi warna yang sudah beda. (cloning pada daerah gelap tidak pada daerah terang)
kalo hasilnya mukanya terlalu bopeng (rata semua), lakukan Burning dibagian yg terlihat gelap agar mendapatkan kembali bentuk wajah asli

3. setelah Retoucing pada wajah, maka didapatkan wajah yang halus dan terlihat seperti 3D modeling effect (karakter kartun 3D)
kemudian lakukan streching pada gambar. potong bagian kening ke atas dengan marquee tool

dan tekan Ctrl +T, klik kanan dan pilih Distort


lalu enter dan kepalanya jadi agak gede.

4. sekarang kita pilih filter-liquify
pilih Forward Warp Tool dan lakukan tarik menarik pada wajah yang ingin di bentuk

Warp tool bisa dicoba satu - satu, dan bentuk wajah seperti karet. Usahakan tonjolkan pada bagian wajah yg lebih identik.
Pada foto ini ane tonjolkan muka, mulut, dan matanya.

5. Bagi foto menjadi 2 bagian, kepala dan badan. Titik potong pada leher dan lakukan warping/stretching pada 2 bagian tersebut 

Pada Leher : 

Pada Kepala : 
Kemudian sambungkan bagian kepala dan badan :



6. Kemudian pilih filter-artistic-dry brush, setting komposisi brush size = 1, brush detail = 10
Texture = 2, dan klik icon new effect layer dibagian kanan


Kemudian pilih effect Rough pastels dengan komposisi :

Pastikan texture = Burlap dan centang invert (komposisi dapat diatur sesuai selera dan hasil yang diinginkan)

7. tambahkan pernak pernik hiasan pada gambar sebagai pemanis. Tambah shadow pada setiap tepi wajah, biar dapat sentuhan animasinya. Dan bila ingin warna yang lebih pas, tekan Ctrl + L atus sesuka hati...

Lihat Hasilnya....



sekian gan tips CARA MEMBUAT KARIKATUR DI PHOTOSHOP CS 3,4,5,6 semoga bermanfaat dan bisa langsung di praktekan oleh kalian semua..

kalo ada yg mau share hasilnya boleh deh komentar dan langsung upload fotonya disini...

thanks gan 










1 komentar: